Info Sekolah
Rabu, 19 Jun 2024
  • SMK PGRI 2 Kediri Berprestasi Dengan banyak belajar kita akan banyak pengetahuanHarta yang tak akan habis adalah ilmu Pikiran yang cerdas adalah cerminan akhlak yang muliaKonsisten dan disiplinlah dalam melakukan persiapan agar tercapai kesuksesanmu

Generasi Muda Peduli Bumi: SMK PGRI 2 Kediri Gelar Karya P5

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

Pada tanggal 30-31 Mei 2024, SMK PGRI 2 Kediri menjadi saksi dari inisiatif yang menarik dengan mengadakan gelar karya P5 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan.” Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini memberikan pembelajaran bagi siswa untuk memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip gaya hidup berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

Gelar karya P5 merupakan program yang dirancang oleh Kemendikbudristek sebagai bagian dari kurikulum merdeka yang bertujuan untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila. Program ini dilakukan melalui pembelajaran berbasis projek dengan tujuan melatih peserta didik dalam pemecahan masalah dalam beragam situasi belajar.

Tema yang dipilih dalam gelar karya P5 adalah “Gaya Hidup Berkelanjutan.” Tema ini dipilih karena konsepnya yang mudah dimengerti dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dapat mengajarkan peserta didik untuk menjaga pola hiduup bersih serta sehat. Tema ini juga akan mengasah kreativitas peserta didik dalam mengolah barang bekas yang bermanfaat bagi lingkungan, ungkap Ibu Yessy Triasepta selaku koordinator acara P5.

Di hari pertama, kegiatan yang dilakukan adalah penyampaian materi yang disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP). Peserta didik diberi materi tentang pentingnya pengolahan sampah dan peghijauan di lingkungan sekolah. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh salah guru dari SMK PGRI 2 Kediri mengenai manfaat dan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan media biopori yang dipraktikkan secara langsung oleh DLHKP.

Di hari kedua, para peserta didik melakukan senam pagi dilanjutkan dengan sarapan bersama dengan menu makanan empat sehat lima sempurna. Ada juga ketentuan untuk membawa bekal yakni peserta didik diwajibkan menggunakan kotak makan dan botol tumbler. Hal ini bertujuan untuk menjaga pola hidup dengan makanan yang sehat serta mengajarkan peserta didik untuk cinta terhadap lingkungan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan karya yakni pot dari limbah botol plastik atau galon bekas. Para peserta didik dapat mengolah limbah botol tesebut dengan kreativitas masing-masing yang selanjutkan hasil karya tersebut dapat dipergunakan di lingkungan sekolah untuk menciptkan lingkungan yang asri dan indah.

“Harapannya semoga para peserta didik SMK PGRI 2 Kediri bisa lebih peduli lagi terhadap lingkungannya. Dapat memilah sampah antara organik/anorganik dan memanfaatkannya menjadi barang yang layak guna lalu dapat menerapkan gaya hidup sehat”, pungkas Ibu Yessy Triasepta selaku koordinator acara P5.

Cendy dan Tgr

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

https://icab.brown.gob.ar/dana/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/-/rs-dana/ https://wisata.rembangkab.go.id/ntoto/ https://newepaper.jawapos.co.id/system/sgacor/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/class/sdana/ https://training.dhis2.org/mod/ads/ https://m3.inpt.ac.ma/ads/ https://plataformavirtual.fespugt.es/ads/ https://priet.pens.ac.id/import/ads/ https://taep.umm.ac.id/certification/system/